KARYA INOVASI PENDIDIKAN

MAN 3 BANYUWANGI

KARYA INOVASI PENDIDIKAN

 

VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS

 

XII UNTUK MENGEFEKTIFKAN KEGIATAN

 

PEMBELAJARAN MASA PANDEMI MAN 3 BANYUWANGI

 

PADA CHANEL YOUTUBE MEITA SULISTIORINI

 

DISUSUN OLEH:

 

NAMA : MEITA SULISTIORINI

 

NIP : 198605172019032009

 

MADRASAH ALIAYAH NEGERI 3 BANYUWANGI

 

2022

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

KARYA INOVASI PENDIDIKAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA

 

KELAS XII UNTUK MENGEFEKTIFKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MASA

 

PANDEMI MAN 3 BANYUWANGI PADA CHANEL YOUTUBE MEITA SULISTIORINI

 

Durasi Video : 02 : 13 : 13

 

Publikasi : Channel Youtube Meita Sulistiorini
Url : https://www.youtube.com/channel/UCITPZA5kZ53Zordndpzsvaw

Laporan pembuatan Karya Inovasi Pendidikan Video Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XII Untuk Mengefektifkan Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Man 3 Banyuwangi pada Chanel Youtube Meita Sulistiorini, disusun oleh:

 

Nama : Meita Sulistiorini, S.Pd
Nip : 198605172019032009
Pangkat/Gol. : Penata Muda Tk.1/IIIa
Unit Kerja : MAN 3 Banyuwangi

Telah disetujui dan disahkan oleh Kepala MAN 3 Banyuwangi pada:

 

Hari : Senin

 

Tanggal : 18 Januari 2022

 

Banyuwangi, 18 Januari 2022

 

Kepala MAN 3 Banyuwangi

 

Drs. Kosim, M.Pd. I

 

NIP. 196201031993031002

 

KATA PENGANTAR

 

Laporan karya inovatif ini menjelaskan tentang proses pembuatan dan penggunaan karya inovatif berupa alat pelajaran/alat peraga yang dikemas dalam video pembelajaran mata pelajaran Sejarah Indonesia, yang di berikan di kelas XII pada Madrasah Aliyah Negeri 3 Banyuwangi.

 

Karya inovatif video pembelajaran Teknologi Perkantoran ini merupakan alat pelajaran/alat peraga untuk pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XII semester ganjil dan genap dari KD 3.1 sampai KD 3.6. Proses pembuatan dan penggunaan di paparkan secara detail oleh penulis untuk memberikan sumbangsih literasi bagi pendidik tentang pembuatan laporan karya inovatif sehingga bisa dijadikan salah satu referensi pembuatan karya inovatif.

 

Kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan maupun penyempurnaan akan diterima dengan senang hati, sehingga dapat memperkaya kualitas penyajian laporan karya inovatif selanjutnya. Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih kepada kontributor atas kerjasamanya dalam penyelesaian laporan ini. Mudah- mudahan kita dapat memberikan yang terbaik demi kemajuan pendidikan di Indonesia.

 

Banyuwangi, 18 Januari 2022

 

Penulis

 

Meita Sulistiorini, S.Pd NIP. 198605172019032009

 

DAFTAR ISI

 

COVER ………………………………………………………………………………………………………………………………………….. i

 

LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………………………………………………………………… ii

 

KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………………………………………… v

 

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………………………………… vi BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………………….. 1 A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………………………………………………. 1 B. Tujuan ……………………………………………………………………………………………………………………………… 2 C. Manfaat ……………………………………………………………………………………………………………………………. 3 BAB II PROSES PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN …………………………………………………………. 4 A. Rancangan/Desain……………………………………………………………………………………………………….. 4

 

B. Proses Pembuatan Video Pembelajaran…………………………………………………………………. 4

 

C. Penggunaan Video Pembelajaran …………………………………………………………………………….. 6

 

D. Dampak Peningkatan terhadap kualitas proses hasil belajar peserta didik . 12

 

BAB III PENUTUP……………………………………………………………………………………………………………………..13

 

1

 

BAB I PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

 

Akhir-akhir ini dunia pendidikan mengalami goncangan. Hal ini dikarenakan Pandemi covid-19 yang mewabah ke seluruh penjuru dunia. Kasus pertama penyakit coronavirus covid-19 dilaporkan di Wuhan, China pada akhir tahun 2019. Virus ini menular sangat cepat dan telah menyebar hampir ke semua negara, hanyadalam waktu beberapa bulan saja. Sehingga wabah covid-19 ini diakui sebagai pandemi global pada Maret 2020 oleh WHO (Jie-Ming Qu, Bin Cao, 2021). Pandemiini mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan di Indonesia. Walaupun pandemi berlangsung, kegiatan belajar mengajar tetap harus dilaksanakan.

 

Pada awal pandemi terjadi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menerbitkan surat edaran no. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat penyebaran coronavirus disease yang menyatakanbahwa proses belajar dilaksanakan dari rumah dengan berbagai ketentuan (Jdih.kemendikbud.go, 2020). Ketentuannya adalah belajar dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran daring atau jarak jauh yang dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, dan dapat difokuskanpada pendidikan kecakapan hidup melalui aktivitas dan tugas pembelajaran yang bervariasi.

 

Dalam rangka pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat penyebaran pandemi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI juga menerbitkan surat edaran nomor 15 tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah (Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020). Surat edaran ini menjelaskan bahwa belajar dari rumah dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu belajar dari rumah dilaksanakan melalui pembelajaran jarak jauh daring dan/atau luring yang dilaksanakan sesuai dengan pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah.

 

Berdasarkan surat edaran di atas, pembelajaran jarak jauh daring merupakan salah satu pilihan yang bisa digunakan dalam penyelenggaraan belajar

 

2

 

dari rumah. Pembelajaran daring ini merupakan pembelajaran dalam jaringan yang mengarah pada media berbasis elektronik atau electronic learning (e-learning). Elearning merupakan istilah yang sering digunakan untuk menunjukkan proses belajar yang dilakukan dengan memanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi. Media teknologi informasi dan komunikasi disini tidak hanya dimanfaatkan sebagai mengoperasikan komputer saja, melainkan digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran yang diharapkan menjadi solusi dalam masalah-masalah pembelajaran yang dialami oleh peserta didik maupun pendididik.

 

Tentunya hal ini berdampak besar terhadap pendidik dan peserta didik, cara-cara baru harus segera dikembangkan oleh guru sebagai pendidik agar peserta didik tetap merasakan pembelajaran yang berkualitas walaupun dipisahkan oleh jarak, ruang, dan waktu. Oleh karena itu penulis merasa perlu untuk membuat karya inovatif berupa alat pelajaran/alat peraga pembelajaran yang dikemas dalam bentuk digital berupa video pembelajaran yang di desain secara menarik sesuai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sehingga tetap dapat menarik minat siswa untuk belajar walaupun dalam masamasa sulit selama pandemi covid-19.

 

B. Tujuan

 

Tujuan pembuatan video pembelajaran ini adalah:

 

1. Membantu peserta didik kelas XII memahami materi sejarah Indonesia yaitu :

 

3.1 Menganalisis upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi

 

bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

 

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah

 

dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa 1945–1965

 

3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia

 

pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

 

3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia

 

pada masa Demokrasi Terpimpin

 

3.5 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia

 

pada masa Orde Baru

 

3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia

 

pada masa awal Reformasi

 

3

 

2. Meningkatkan hasil belajar peserta didik.

 

C. Manfaat

 

Manfaat pembuatan video pembelajaran ini adalah:

 

1. Peserta didik kelas XII, dapat mengulang–ulang materi yang disediakan melalui

 

chanel Youtube milik guru.

 

2. Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda sehingga tidakbosan

 

dalam proses belajar mengajar.

 

3. Membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar.

 

4

 

BAB II PROSES PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN

 

A. Rancangan/Desain

 

Rancangan/desain alat pelajaran/alat peraga video pembelajaran berupa power point yang disediakan oleh penerbit buku Intan Pariwara kemudian dimodifikasi oleh guru dan di isi suara berupa penjelasan dari materi yang ada.

 

B. Proses Pembuatan Video

 

Proses persiapan dan pembuatan video adalah sebagai berikut :

 

1. Menyiapkan materi pembelajaran baik dari buku maupun dari sumber digital

 

lainnya.Materi yang disiapkan harus sesuai dengan kompetensi dasar dan power point

 

yang ada.

 

2. Menyiapkan HP/Laptop yang suport dengan aplikasi edit video dan Headset untuk digunakan merekam suara

 

5

 

3. Mendownload aplikasi edit video yang dikuasai

 

guru yaitu aplikasi Inshot di google playstore

 

4. Menampilkan Power point (PPT) di HP kemudian

 

mulai merekam layar tampilan dan sekaligus mengisi

 

suara disesuaikan dengan materi yang tampil di layar

 

5. Setelah perekaman layar dan suara selesai,

 

masukkan video ke dalam aplikasi Inshot untuk di

 

edit kembali ditambahkan gambar dan musik/lagu

 

agar lebih menarik setelah itu bisa langsung

 

disimpan.

 

6. Setelah proses editing video selesai

 

dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengupload

 

video ke dalam channel Youtube. Publikasi video

 

Pembelajaran urut sesuai KD yang ada, pada channel

 

Youtube “Meita Sulistiorini”, dengan alamat url:

 

https://www.youtube.com/channel/UCITPZA5kZ53Zordndpzsvaw

 

7. Langkah-langkah upload video youtube ini adalah:

 

1) Login ke akun channel Youtube “Meita Sulistiorini”;

 

2) Mengelola video dengan menggunakan Youtube Studio

 

6

 

3) Memberi judul video pembelajaran, mengetikkan deskripsi video, membuat dan

 

mengupload thumbnail video, mengatur playlist, penonton, dan pengaturan lain

 

yang disesuaikan dengan kebutuhan;

 

4) Upload video youtube, dan video pembelajaran siap untuk digunakan.

 

5) Memberi judul video pembelajaran, mengetikkan deskripsi video, membuat dan

 

mengupload thumbnail video, mengatur playlist, penonton, dan pengaturan lain

 

yang disesuaikan dengan kebutuhan;

 

6) Upload video youtube, dan video pembelajaran siap untuk digunakan.

 

C. Penggunaan Video Pembelajaran

 

Peserta didik bisa langsung membuka link yang di share guru di grup WA kelas masing-masing, link yang di share guru disesuai dengan KD yang ada. Berikut ini KD dan link yang dapat diakses oleh peserta didik :

 

Standar Kompetensi (KI)

 

KI-1 dan KI- 2

 

: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,

disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

 

KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

 

7

 

3.1 Menganalisis upaya bangsa indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa antara lain PKI Madiun 1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta, G-30-S/PKI

 

1) Peta Konsep Upaya mengatasi Disintegrasi Bangsa

 

Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=0e3J908a5EE&list=PLZF9bz5lVfl01fl9a

 

-P1Icscx0ds6uU_J&index=1

 

Durasi : 00:01:35 Tampilan:

 

2) Pemberontakan PKI Madiun, DI/TII dan G30S/PKI

 

Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=fb_hxSg01uE&list=PLZF9bz5lVfl01fl9a -P1Icscx0ds6uU_J&index=2

 

Durasi : 00:11:17

 

KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

8

 

Tampilan

 

3) Pemberontakan APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI, Permesta dan BFO

 

Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=9RYHtHeHUsU&list=PLZF9bz5lVfl01f

 

l9a-P1Icscx0ds6uU_J&index=4

 

Durasi : 00:18:47 Tampilan

 

3.2 Mengevaluasi peran dan nilai-nilai perjuangan tokoh nasional dan daerah

 

dalam mempertahankan keutuhan negara dan bangsa Indonesia pada masa

 

1945–1965

 

Teladan Tokoh Persatuan

 

Link https://www.youtube.com/watch?v=a-wavW9yb- 0&list=PLZF9bz5lVfl01fl9a-P1Icscx0ds6uU_J&index=5

 

Durasi : 00:18: 09

 

9

 

Tampilan

 

3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal

 

3.4 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Demokrasi Terpimpin

 

1) Masa Demokrasi Terpimpin

 

Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=sy9UIp403gs&list=PLZF9bz5lVfl01fl9aP1Icscx0ds6uU_J&index=6

 

Durasi : 00:30: 13 Tampilan :

 

10

 

2) Masa transisi Presiden Soekarno ke presiden Soeharto

 

Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=Uol7IqOtWqo&list=PLZF9bz5lVfl01fl9

 

a-P1Icscx0ds6uU_J&index=7

 

Durasi : 00: 19:13 Tampilan :

 

3.5 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa Indonesia pada masa Orde Baru

 

Kebijakan Masa Orde Baru Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=xIT63L5VFY4&list=PLZF9bz5lVfl01fl

 

9a-P1Icscx0ds6uU_J&index=8

 

Durasi : 00:20:17 Tampilan:

 

11

 

3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi Bangsa

 

Indonesia pada masa awal Reformasi

 

Awal masa Reformasi / akhir masa orde baru Link

 

https://www.youtube.com/watch?v=zdGvXklVBKs&list=PLZF9bz5lVfl01fl

 

9a-P1Icscx0ds6uU_J&index=9

 

Durasi : 00:15:42 Tampilan :

 

D. Dampak Peningkatan Terhadap Kualitas Proses Hasil Belajar Peserta Didik

 

Dampak peningkatan terhadap kualitas proses hasil belajar peserta didik antara lain:

 

1. Peserta didik kelas XII, dapat mengulang–ulang materi Sejarah Indonesia mulai dari KD

 

3.1 sampai KD 3.6.

 

2. Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda sehingga tidak bosan dalam

 

proses belajar mengajar.

 

3. Membantu peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar, hal ini bisa ditunjukkan

 

dengan melihat nilai peserta didik

 

12

 

BAB III PENUTUP

 

Pada masa pandemi Covid-19 ini pemanfaatkan media teknologi informasi dan komunikasi merupakan solusi untuk menyesuaikan diri dengan kebijakan pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di rumah masing-masing. Video Video Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas XII ini merupakan salah satu media yang digunakan sebagai alat pelajaran/alat peraga dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran tetap berlangsung dan bisa dilaksanakan selama pandemi covid-19.

 

Walaupun proses belajar mengajar tidak dilaksanakan secara cara tatap muka dengan pendidik, peserta didik tetap mendapatkan pengalaman belajar yangberkualitas. Selain itu, pendidik dan peserta didik lebih mudah untuk mendapatkan alat peraga yang benar-benar sesuai dengan tuntutan kurikulum yang diterapkan, sehingga video pembelajaran ini membantu peserta didik untuk meningkatkan hasilbelajar mereka terutama dalam memahami materi Sejarah Indonesia kelas XII semester ganjil dan semester genap.

Bagikan :

Karya Tulis Guru Lainnya

Avatar photo
KARYA INOVASI PENDIDIKAN
Avatar photo
LEADERSHIP IS CHARACTER
Avatar photo
GURU MADRASAH SEBAGAI ROLE MODEL MODERASI BERAGAMA
PERAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Membangun Sekolah Berbudaya disiplin
Avatar photo
Refleksi Jumat Berkah

Website Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Anda belum Terdaftar?

Jendela Informasi Sekolah yang mudah dan menyenangkan, Membaca Buku, Belajar dan Melihat Informasi Sekolah