Nyala Jiwa Kesatria dengan Dasadarma

Last Updated on 7 Agustus 2023 by MAN 3 BANYUWANGI

Nyala Jiwa Kesatria dengan Dasadarma 1
Nyala Jiwa Kesatria dengan Dasadarma 2
Nyala Jiwa Kesatria dengan Dasadarma 3

Prosesi upacara pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan, Sabtu(5/8/23) di MAN 3 Banyuwangi berjalan dengan lancar dan hikmat. Acara ini dilaksanakan di lapangan belakang MAN 3 Banyuwangi yang berlangsung dari jam 7 hingga selesai. Waktu pelaksanaan PTA sendiri, berjalan mulai acara pembukaan di hari sabtu hingga pelaksanaan penutupan di hari Minggu(6/8/23).

PTA ini diperuntukkan untuk siswa-siswi MAN 3 Banyuwangi yang masih beberapa minggu menginjakkan kaki di sekolah tercinta. Bukan tanpa alasan, PTA 2023/2024 dilaksanakan guna melatih kemandirian para siswa dan untuk mengalihkan mereka secara resmi dari kepramukaan penggalang menuju kepramukaan penegak.

Saeroji, selaku Plh kepala MAN 3 Banyuwangi ikut memeriahkan acara ini di prosesi pembukaan PTA yang ditemani WAKA serta beberapa guru yang berpartisipasi. Pada saat pembukaan, Saeroji bertugas sebagai pembina upacara yang secara otomatis juga bertugas menjadi seseorang yang memukul gong pembuka.

Setelah upacara selesai, para siswa diberi beberapa materi tentang implementasi gerakan pramuka dan wawasan kebangsaan dari 10.25 hingga jam 14.30, dimana hal tersebut diselingi dengan ice breaking dan juga isomah.

Di malam hari, suasana PTA semakin meriah, karena api unggun dikobarkan pada sabtu malam minggu ini serta beberapa penampilan pentas seni dari masing-masing kelas sepuluh. Dimulai dengan penyalaan lilin di sekitar bara api utama hingga menjalarnya api di tumpukan kayu, semangat adik-adik dan karno, selaku kamabigus pramuka MAN 3 Banyuwangi ikut berkobar seiring terbakarnya kayu.

Api unggun pun mulai menyusut, dilanjutkan dengan acara yang membuat acara semakin meriah, yaitu pentas seni. Ajang kreatifitas para siswa dari yang melantukan lagu-lagu yang begitu syahdu hingga lantunan puisi berantai yang mampu mengocok perut penontonnya.

Di pagi hari pada hari minggu, para siswa digembleng untuk mengeluarkan keringat dengan melaksanakan senam pagi dengan beberapa gerakan dan melakukan jalan sehat di rute yang tidak terlalu jauh dari area sekolah.

Setelah itu, tepat pukul 09.00 pelaksanaan upacara penutupan pun dimulai. Kali ini Masrukin, selaku waka kesiswaan yang menjadi pembina di dalam upacara. Pada saat upacara, beliau menyampaikan beberapa amanat kepada para siswa yang telah berjuang sehari semalam untuk menjadikan diri yang mandiri.

Diharapkan dengan adanya kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dapat menghidupkan semangat di jiwa para pemuda khususnya untuk adik-adik kelas 10

Bagikan :

Artikel Lainya

Rangkaian Milad ke 29, MAN 3 Banyuwangi Ge...
Pecah Habis!!! Meriahkan Milad ke 29, MAN ...
Asah Bakat Menyanyi Pelajar, MAN 3 Banyuwa...
Kolaborasi dengan GYPEM Indonesia, MAN 3 B...
Perkemahan Akbar KKM MA 03 Banyuwangi Suks...
Japanese Government (Monbukagakusho: MEXT)...

Website Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Anda belum Terdaftar?

Jendela Informasi Sekolah yang mudah dan menyenangkan, Membaca Buku, Belajar dan Melihat Informasi Sekolah