Semarak Diskusi Literasi dan Sastra, Madrasah Semakin Terlibat dalam Dunia Pena

Last Updated on 17 Desember 2023 by MAN 3 BANYUWANGI

Semarak Diskusi Literasi dan Sastra, Madrasah Semakin Terlibat dalam Dunia Pena 1
Semarak Diskusi Literasi dan Sastra, Madrasah Semakin Terlibat dalam Dunia Pena 2

Jumat (14/12/23) digelarnya acara semarak diskusi literasi dan sastra, acara ini berlangsung di aula Kementrian Agama (Kemenag) yang diikuti oleh beberapa perwakilan dari beberapa Madrasah di Banyuwangi salah satunya MAN 3 Banyuwangi. Acara awal dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian disusul dengan penampilan tari jaripah, dilanjut dengan penampilan lagu dan sambutan dari ketua panitia acara yaitu Eny Susiani. Acara ini tak lupa menampilkan sejumlah karya sastra, salah satunya adalah baca puisi. Beberapa puisi pun turut dibacakan secara hikmat oleh masing-masing perwakilan Madrasah, hal ini bertujuan untuk membentuk semangat literasi dan sastra dalam diri siswa.

Acara pembukaan tersebut berlangsung dari pukul 13.00-14.20 WIB dan diikuti dengan penuh kegembiraan serta suka cita dari seluruh hadirin acara. Karena mengusung tema literasi dan sastra hadirin fokus pada penampilan sastra dan budaya juga pencerminan literasi seperti pembacaan puisi.

Setelah itu, barulah beralih ke acara “Semarak diskusi literasi dan sastra” yang sesungguhnya, acara ini berlangsung dari pukul 14.20-15.30 WIB yang dipandu oleh Nur Kholifah selaku moderator. Acara ini dibuka dengan penampilan lagu, kemudian dilanjutkan dengan diskusi literasi dan sastra yang mengusung judul “Diskusi Geliat Literasi dan Sastra di Banyuwangi” bersama
1. Kepala Kankemenag Banyuwangi
2. Samsudin Adlawi
3. Syafaat
Setelah diskusi yang berlangsung cukup lama, acara dilanjutkan dengan pemberian door prize. Kemudian acara ditutup dengan pembacaan puisi dan foto bersama.

Diskusi bukan hanya sebatas pembicaraan, tetapi juga menjadi forum pembicaraan mendalam tentang literasi dan sastra dalam berbagai bentuk, termasuk literasi digital. Keterlibatan dan peran Madrasah dalam memahami literasi serta sastra dalam era digital menjadi salah satu hal yang tersorot. Semarak diskusi literasi dan sastra ini diharapkan dapat menjadi momentum penting untuk menggalakkan minat membaca, menumbuhkan bakat menulis, dan memperkaya budaya literasi ditengah era 5.0 ini.

Bagikan :

Artikel Lainya

Hari Pertama Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (...
Kebersamaan Dan Antusiasme Memenuhi Pra MA...
PERJARI dan Pentas Seni Warnai Hari Kedua ...
Selamat dan Sukses Atas Keberhasilan dan P...
Pembukaan Kemah Pengukuhan Bhantara Siswa ...
Siswa-Siswi Man 3 Banyuwangi Ikuti Sosiali...

Website Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Anda belum Terdaftar?

Jendela Informasi Sekolah yang mudah dan menyenangkan, Membaca Buku, Belajar dan Melihat Informasi Sekolah