Semarak Bulan Bahasa dan Sastra, MAN 3 Banyuwangi Adakan lomba Cipta Puisi

Last Updated on 20 Oktober 2022 by MAN 3 BANYUWANGI

Banyuwangi – (Humas MAN 3 Banyuwangi) Lomba cipta puisi dalam rangka semarak bulan bahasa dan sastra sebagai intelegensi bangsa dan peringatan ke 77 HAB Kementerian Agama di gelar oleh tim literasi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Banyuwangi  di Kecamatan Srono,  3  karya terbaik akan diikutkan dalam antologi puisi folklor Banyuwangi yang digawangi oleh Obor Sastra Indonesia. Yaitu sebuah wadah seniman nusantara, terkhusus daerah Banyuwangi.

Dalam sambutannya guru senior  Bahasa Indonesia Edi Susanto, “Harapannya dengan lomba cipta puisi ini akan menghasilkan sastrawan-sastrawan muda di MAN 3 Banyuwangi, khususnya di bidang puisi”. Pesannya.

Lebih lanjut Edi (nama sapaan) berharap siswa terus meningkatkan kemampuannya. “Tetaplah berkarya  dalam situasi apapun”. Ungkapnya.

Lomba ini terlaksana di gedung Ma’had putra pada hari Kamis, tanggal 20/10/2022 tepatnya jam 08.00-10.00 yang pesertanya diambil dari perwakilan masing masing kelas. Dengan jumlah maksimal 1 siswa untuk mewakilkan kelasnya dalam lomba cipta puisi tapi ternyata peserta lomba di luar ekspetasi panitia, karena masing masing kelas mengeluarkan lebih dari 1 peserta, karena rasa antusias siswa yang begitu tinggi dalam rangka menyambut bulan bahasa dan sastra.

“Jadi peserta lomba cipta puisi menembus 45 peserta dari 27 kelas di Man 3 Banyuwangi” ungkap Eny Susiani, penggerak literasi.

Panitia telah menetapkan 3 aspek dalam penjuaraan cipta puisi diataranya:, yang pertama formal puisi yang meliputi judul, pengarang tipografi dan titimangsa penulisan. Aspek berikutnya keselarasan unsur puisi yang meliputi citraan, majas, rima dan irama, diksi dan idiom. Aspek selanjutnya yaitu kejelasan hakikat puisi yang didalamnya memuat kesesuaian tema/isi dengan judul, amanat baik tersurat maupun tersirat serta sikap penulis (baik terhadap tema puisi maupun pembaca yang dituju).

Tentunya jajaran puisi-puisi ini dinilai oleh juri juri handal yaitu diantaranya Syafaat, sebagai   seniman ketua Lentera Sastra, Banyuwangi  yang juga ketua pelaksana audisi 77 penyair Khasanah Kebudayaan Banyuwangi, Obor Sastra Indonesia,  Krisno Punto beliau berdua memang ahli  di bidang seni khusunya puisi.

Eny Susiani, selaku ketua Tim literasi mengatakan bahwa acara ini di gelar untuk mewadahi bakat, minat dan kreativitas siswa di bidang puisi.

“Kami dari tim literasi berharap bisa mewadahi kreatifitas dan ide-ide dari peserta yang teruntai dalam kata kata indah dalam bentuk puisi, yang harapannya bisa  menginspirasi dan memotivasi siswa di bidang Literasi” ungkapnya.

Kepala MAN 3 Banyuwangi Ahmad Suyuti, menyampaikan bahwa Madrasah akan memberikan apresiasi terhadap semua karya.

“berikan ruang kepada siswa untuk berkarya, jika mereka bisa menghasilkan karya itu harus kita apresiasi, jika guru yang berkarya itu biasa tapi jika siswa yang berkarya baru luar biasa”. Ungkapnya. Lebih lanjut Ahmad Suyuti menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kementerian Agama Republik Indonesia. (Jurnalis MAN 3 Banyuwangi)

Semarak Bulan Bahasa dan Sastra, MAN 3 Banyuwangi Adakan lomba Cipta Puisi 1

Bagikan :

Artikel Lainya

Rangkaian Milad ke 29, MAN 3 Banyuwangi Ge...
Pecah Habis!!! Meriahkan Milad ke 29, MAN ...
Asah Bakat Menyanyi Pelajar, MAN 3 Banyuwa...
Kolaborasi dengan GYPEM Indonesia, MAN 3 B...
Perkemahan Akbar KKM MA 03 Banyuwangi Suks...
Japanese Government (Monbukagakusho: MEXT)...

Website Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman

Anda belum Terdaftar?

Jendela Informasi Sekolah yang mudah dan menyenangkan, Membaca Buku, Belajar dan Melihat Informasi Sekolah